Daftar Isi..

Prajurit Terakota

Waktu itu musim kemarau tahun 1974. Sekelompok petani di kaki Gunung Li Shan, Xian, China sedang membuat sumur baru. Namun, baru beberapa meter mereka menggali tanah, cangkul mereka mengenai sebuah patung. Dari penelitian tim arkeologi, hasilnya......................








1. 8.099 Patung
Patung itu patung terakota yang terbuat dari tanah liat. Ia berbentuk tokoh prajurit. Sampai saat ini, telah ditemukan 8.099 buah. Kemungkinan jumlahnya akan bertambah, karena penggalian masih terus dilakukan. Bersama mereka, ditemukan juga patung kuda dan kereta kayu.

2. Ruangan yang Besar
Mereka ditemukan dalam 3 buah ruang bawah tanah yang besar sekali. Ruang pertama luasnya 2 kali luas lapangan bola. Yang kedua luasnya sama dengan luas lapangan bola. Sedangkan yang ketiga adalah yang terkecil, luasnya hanya seperempat luas lapangan bola.
Masing-masing ruangan dibagi menjadi ruangan-ruangan lagi yang dibatasi dengan dinding tanah yang tebal dan lantainya dilapisi dengan bata.

3. 4 Jenis Pasukan
Prajurit yang berada di ruang bawah tanah kedua, terbagi dalam 4 jenis pasukan. Ada pasukan pemanah, berkuda, darat, dan pasuka kereta tempur.

4. Penjaga Kuburan
Patung-patung itu dibuat pada masa pemerintahan kaisar Qin Shi Huang. Yaitu kaisar pertama dari dinasti Qin. Kaisar Qin naik tahta pada tahun 246 SM. Waktu itu kaisar masih berusia 13 tahun, namun langsung memerintahkan untuk menyiapkan makam untuknya dan membuat pasukan prajurit terakota. Pasukan prajurit itu untuk melindungi kaisar dalam kubur jika kaisar sudah meninggal.

5. Wajahnya Beda-Beda
Patung itu dibuat satu persatu. Diperlukan sekitar 700.000 orang dari berbagai provinsi untuk membuatnya. Dari ribuan prajurit dan kuda itu tak ada satupun yang berwajah dan bersikap sama. 
Ukuran patung lebih besar dari ukuran aslinya. Tinggi prajuritnya rata-rata antara 180 cm hingga 200 cm. Patung itu aslinya dihias dengan cat berwarna terang. Namun kini warnanya sudah pudar. Tinggal warna terakota yang tersisa.

6. 2.200 Tahun
Kaisar meninggal pada tahun 209-201 SM. Pasukan parajurit terakota dikubur bersamaan dengan pemakaman kaisar. Pembuatan patung prajurit terakota pun selesai setelah berlangsung selama 36 tahun.
Patung prajurit terakota itu sekarang sudah berusia lebih dari 2.200 tahun.

7. Menghadap Timur
Semua wajah prajurit menghadap ke arah timur. Seolah-olah di dalam kubur kaisar Qin akan mendapat serangan dari arah timur.

8. Warisan Dunia
Pada tahun 1987, UNESCO menetapkan makam prajurit terakota sebagai warisan dunia. Juga merupakan karya terbaik seni pahat Tiongkok zaman kuno.