Daftar Isi..

Sinkhole - Proses yang Memakan Waktu, Untuk Lubang Dalam Sekejap

Jika, tempatmu berpijak saat ini amblas tiba - tiba bersama rumahmu dan seluruh harta yang kamu miliki






Jika, Kamu sedang berlibur bersama keluarga dan dalam perjalanan di sebuah jalan tol, tiba - tiba mobilmu masuk kesebuah lubang yang baru saja terbuat





Itu bukan sesuatu yang mustahil loh :O


itu SINKHOLE, lubang yang terbentuk tiba - tiba dari sebuah proses yang memakan waktu. fenomena ini bisa terjadi di negara manapun, tak terkecuali negri kita tercinta ini '_' tapi sinkhole juga bukannya bisa terjadi di semua tempat. Ada kriteria - kriteria tertentu untuk tanah yang berpotensi terjadi fenomena ini.





> Sinkhole biasanya terjadi di daratan yang batuan dasarnya tersusun batu gamping. Batu gamping ini relatif lebih mudah larut dari pada batu pasir (batuan yang tersusun dari pasir). Tentunya proses pelarutannya memakan waktu yang tidak sebentar.


> terjadi daratan yang ada aliran air di bawahnya (tanah di atasnya ini yang nanti akan larut bersama air dan membentuk sinkhole)


Proses ini berlangsung terus menerus dengan kikisan serta jatuhan dari batuan diatasnya. Hingga akhirnya bolongan ini membentuk ruang cukup lebar dan “jembatan” dibagian atas tidak kuat menahan dan …

BLUNG ! Lubang ini tidak seluruhnya memenuhi hingga dasar terbawah, karena volume yang mengisi batuan atas tidak seluruhnya hilang. Kedalaman lubang bisa mulai hanya beberapa meter hingga berukuran besar sedalam 100 meter seperti yang di Guatemala itu.


Proses siklus ini berjalan ribuan tahun yang dalam skala geologi yang sering dalam juta tahun bisa saja hanya disebut proses yang sekejap. Tetapi walaupun telah terjadi hanya seribu tahun yang lalu, barangkali kita tidak memiliki rekaman itu, dan kita hanya menggunakan tanah diatasnya itu seolah-olah dahulu tidak terjadi apa-apa.







yang ini di jalan tol china,



yang ini di INDONESIA, tepatnya Jl. Pajajaran X(