Daftar Isi..

Ayam Serama


Termungil di Dunia
Serama disebut sebagai ayam termungil di dunia. Tinggi badannya antara 20 cm sampai 25 cm. Berat badannya sekitar 300 gram sampai 500 gram. Meski kecil, harganya ga ikutan kecil. Ayam serama dijual jutaan rupiah. Bahkan, kalau menjadi juara kontes, harganya mencapai 50 juta rupiah!


Si Sombong
Jangan samakan serama dengan ayam kate. Kalau kate kecil dan pendek. Sementara serama, meski mungil, tubuhnya tegap gagah. Kepalanya ditarik ke belakang. Ekornya berdiri tegak lurus, tepat di belakang kepala. Sayapnya besar, panjang, dan tegak lurus kebawah menyentuh lantai. Dadanya, membusung ke depan. Kesannya sombong banget!

Gaya Kontes
Serama tidak hanya dipelihara, ia juga diikutkan berbagai kontes. Ketika kontes, serama dinilai dari postur tubuhnya yang angkuh dan gayanya. Serama berjalan dan bergaya di meja kontes. Apa saja gaya serama? Gaya yang paling khas adalah membusungkan dadanya. Disebut gaya narik. Lalu ada gaya getar, yaitu menggerakkan kepala dan lehernya seperti bergetar. Kalau gaya slam atau nyelam, artinya dadanya sejajar atau bahkan melebihi tinggi kepalanya.

Ayam Persilangan
Ayam mini ini adalah hasil persilangan berbagai jenis ayam. Pak Wee Yean Een, peternak dari Malaysia yang pertama kali melakukan persilangan ayam serama. Ia melakukan persilangan bertahun-tahun hingga akhirnya mendapatkan si sombong mini, serama. Nama serama diambil dari tokoh wayang kulit, Sri Rama.

Warna-Warni
Ada berbagai warna dan corak serama. Diantaranya, warna kombinasi hitam dan merah disebut ara. Kalau rinting, artinya kombinasi dua warna dan dihiasi bintik-bintik. Warna cokelat tua disebut kubing. Sementara pinang masak, yaitu warna kuning terang. Ada pula yang polos putih dan hitam.