Daftar Isi..

Kuil Parthenon, Keanggunan untuk Athena

Acropolis atau kota tinggi adalah jantung Kota Athena. Acropolis berasal dari bahasa Yunani akros yang berarti tertinggi dan polis yang berarti kota. Orang Yunani membangun kota mereka dalam dataran di sekitar bukit.
Di atas bukit itu kemudian di bangun bangunan sebagai tempat peristirahatan, ibadah, dan pertahanan diri. Acropolis kerap dianggap wilayah suci yang penuh dengan kuil. Maka ketika di tahun 480 SM, Athena diduduki oleh tentara Persia, penduduk Athena sangat dendam. Ini disebabkan oleh perusakan Kota Acropolis yang suci oleh tentara Persia, termasuk kuil Parthenon yang di persembahkan kepada Dewi Athena, pelindung Kota Athena, yang saat itu baru selesai sebagian. Maka ketika setahun kemudian tentara Persia dipukul mundur, untuk memperingati kesucian Acropolis, penduduk Athena tetap membiarkan reruntuhan itu seperti apa adanya. Baru pada tahun 449 SM, ketika Kota Athena berhasil menang mutlak atas orang Persia, penduduk Athena membiarkan pembangunan kembali Acropolis. Kuil Parthenon adalah kuil utama Kota Acropolis.

Arsitek Kuil Parthenon adalah Ictinus dan Callicrates. Sedangkan pematung yang membuat patung emas Dewi Athena adalah Phidias. Parthenon sesungguhnya hanya memiliki sedikit garis lurus di seluruh kuil. Namun, arsitek Parthenon sungguh pintar. Penyesuaian yang dilakukan sangat halus sehingga terciptalah kesan simetris. Sebuah tiang dengan sisi yang lurus akan tampak lebih kurus di tengah, maka tiang Parthenon pun dibuat sedikit menggelembung. Sementara itu, tiang di sudut sedikit lebih gemuk dibanding yang lain. Ini dirancang agar tiang itu tidak tampak lebih kurus, karena latar belakang Parthenon adalah langit terbuka. Selain itu, dasar dari kuil di tinggikan di tengah agar kuil tidak terlihat menurun karena berat.

Satu Ton Emas untuk Athena
Dewi Athena adalah pelindung Kota Athena. Parthenon adalah kuil yang dipersembahkan untuk Athena. Tak heran kalau patung Dewi Athena di Parthenon dibuat seindah mungkin. Athena diperindah dengan lebih dari satu ton emas. Patung yang tingginya 13 meter ini lebih mahal ketimbang bangunan Parthenon. Lihatlah pakaian emas Athena. Pakaian ini dapat dilepas ketika ada bahaya. 

Athena adalah putri kesayangan Zeus, pemimpin para dewa. Athena adalah salah satu pengatur dewa dan salah satu dewi yang paling penting dalam mitologi Yunani. Athena mempunyai banyak nama, orang Yunani juga menyebutnya Pallas Athena dan orang Romawi menyebutnya Minerva.








Sumber: My First Cartoonal Encyclope Bee