Daftar Isi..

Kadal Lidah Biru

Kepalanya lebih besar dari badannya, gayanya kalem, mulutnya berwarna pink, namun jika diganggu, mulutnya berubah jadi biru. Itulah kadal lidah biru dari Papua dan Australia.


Tidak Dijual di Pasaran
Orang Australia suka memelihara kadal lidah biru. Sebagai peliharaan, kadal lidah biru sama populernya dengan tokek Brazil dan iguana. Di Australia, kadal lidah biru tidak dijual di petshop. Kadal lidah biru bisa ditemukan dengan mudah di sela-sela rerumputan atau bebatuan. Kadal lidah biru termasuk binatang peliharaan yang menyenangkan. Dia jinak, kalem, dan keren.



Asal-Usul Lidah Biru
Suku Aborigin sudah berteman dengan kadal lidah biru sejak ribuan tahun lalu. Legenda Aborigin tentang kadal lidah biru di gambar di gua-gua di Australia. Termasuk legenda asal-usul lidah biru si kadal.
Ceritanya, ada kadal yang bikin jengkel nenek moyang suku Aborigin. Saat itu nenek moyang suku Aborigin sedang menghangatkan diri dekat api unggun. Dia melihat seekor kadal dan mengusirnya tetapi kadal itu tak mau pergi. Nenek moyang aborigin jadi marah lalu melemparkan tanah berwarna biru ketika si kadal sedang menguap. Sejak itu, jadilah kadal lidah biru mendapat warna biru di lidahnya.

Hangat-Hangat Badan
Kira-kira kenapa ya si kadal tidak mau pergi dari api unggun? Legenda itu sebenarnya menunjukkan sifat kadal. Kadal adalah binatang berdarah dingin yang artinya darah kadal tidak bisa menghangatkan badannya sendiri. Kadal memerlukan sinar matahari agar hangat. Di pagi hari, kadal harus berjemur dulu sebelum beraktivitas, seperti berburu siput atau makan rumput. Mungkin, itu sebabnya muncul legenda nenek moyang aborigin dan si kadal. Kadal membutuhkan api unggun suku aborigin agar badannya hangat.

Fakta Unik Kadal Lidah Biru
Nama Latin: Tiliqua sp.
Nama Bahasa Inggris: Blue Tongue Lizards
Fungsi Lidah Biru: Untuk menggertak dan menakut-nakuti
Keunikan: Jika terganggu, badannya melebar. Mulutnya menganga dan lidahnya berubah biru