Daftar Isi..

Dolar Perak

Kantong Benih Muda
tanaman unik ini bernama Lunaria annua. Di Amerika Serikat, dia dikenal dengan nama dolar perak (silver dollar). Di Asia dia dinamakan tanaman uang (money plant). Lunaria annua memiliki kantong biji atau benih polong berbentuk bulat pipih seperti bulan. Nama luna memang berarti "bulan". Ketika masih muda benih polongnya berwarna hijau. Di dalam polong ini, terdapat biji-biji atau benih calon tumbuhan.

Kantong Benih Matang
kantong benih ini lama-kelamaan akan matang. Kulitnya akan mengering, tipis tembus pandang, dan berwarna keperakan. Mirip koin perak! Jika tertiup angin, polong-polong kering ini akan berderik-derik. Bunyi derik ini berasal dari biji-biji di dalamnya.
Kulit tipis polong-polong kering ini lama-kelamaan akan sobek. benih-benihnyapun terjatuh ke tanah. benih-benihnya pun akan tumbuh menjadi tanaman baru.

Bunga Merah Keunguan
Lunaria annua ini memiliki bunga yang indah. Ada yang putih, ada juga yang merah muda keunguan. Bunga ini harum dan punya banyak nektar. Itu sebabnya sering dihinggapi kupu-kupu dan lebah. Walaupun begitu, orang-orang lebih mengenal polongnya daripada bunganya.


Benih polong berwarna perak ini memang cantik dan unik. Karena itu, ia sering ditata di vas bunga sebagai hiasan meja.  Ia jua mendapat julukan honesty atau "kejujuran". Mungkin kulit polongnya yang tembus pandang itu melambangkan hati yang jujur. Hati yang tidak menyembunyikan kejahatan.