Daftar Isi..

Kastil Hradcany, Kastil yang Belum Selesai

Kastil Hradcany terletak di bukit di atas Sungai Vltava, Praha, Republik Ceko. Kastil yang merupakan monumen nasional terbesar bangsa Ceko adalah kastil terbesar di dunia.
Kastil ini berisi bangunan-bangunan yang dibuat dari abad pertengahan. Kastil ini didirikan oleh seorang pangeran pada abad ke-9 dan telah dipugar dan diperluas beberapa kali. Itulah sebabnya, kini kastil tersebut menyerupai kota yang terletak di dalam kota. Kini, kastil menempati area seluas 267.500 meter persegi. Istana, gereja, rumah, menara di dalam kastil dibangun pada abad yang berbeda. Kastil Hradcany dibangun sebagai tempat tinggal keluarga raja yang memerintah Kerajaan Ceko. Kastil ini juga menjadi pusat pemerintahan dan lambang persatuan Kerajaan Ceko. Saat sistem kerajaan berganti menjadi sistem republik, kastil ini berubah fungsi menjadi tempat tinggal Presiden.





 Pembangunan Kastil Hradcany dimulai sekitar tahun 850 M, oleh Pangeran Borivoj dari Dinasti Premyslid. Bangunan pertama adalah bangunan yang dibuat dari kayu dan diperkuat pondasi didalam tanah. Katedral Saint George adalah bangunan batu pertama yang dibuat di komplek Kastil Hradcany. Setelah Saint George, katedral lain juga mulai dibangun didalam komplek kastil. Salah satunya adalah Katedral Saint Vitus. Pada tahun 1060, atas perintah Pangeran Spythnev II,  Katedral Saint Vitus direnovasi dan diperbesar.  Namun, pembangunan terhenti karena Pangeran Spythnev II  meninggal dunia.  Di abad  12 Kastil Hradcany disulap menjadi benteng yang kokoh. Bahkan  pada masa Raja Ottokar II,  dibangun tembok panjang hingga Kota Bawah atau  Mala Strana.  Pada tahun 1333,  Raja  Charles IV merenovasi kastil besar-besaran.  Ia menginginkan bangunan megah bergaya Gothik sebagai lambang  kemakmuran dan kekuatan  Kerajaan Ceko.  Tak  tanggung-tanggung, Mathieu d'Arras  arsitek kenamaan  Perancis ditunjuk sebagai arsitek dan Peter Parler ditunjuk sebagai kepala pembangunan.  

Simbol Kota Praha 
Kastil Hradcany adalah monumen nasional bangsa Ceko. Kastil ini adalah kastil terbesar di dunia. Tapi tak salah jika Kastil Hradcany disebut juga sebagai simbol Kota Praha. Kastil Hradcany adalah cikal-bakal Kota Praha. Dibangun di lokasi yang strategis, bukit di tepi Sungai Vltava, membuat Kastil Hradcany dan Praha cepat berkembang menjadi kota maju. Di abad 13, wilayah Kastil Hradcany semakin luas saat Raja Ottokar II menyatukan kastil dengan Kota Bawah atau Mala Strana dengan tembok tinggi dan kuat. Jika melihat Kota Praha dari udara tampak jelas Kastil Hradcany sangat mendominasi Kota Praha. Tembok besar Puri Coutyard pertama dan kedua nampak begitu menonjol, ditambah Katedral Saint Vitus yang anggun di tengah-tengah kastil. Jangan salah saat akan mengunjungi Kastil Hradcany. Selain membangun Kastil Hradcany, pada sekitar abad 10, keluarga kerajaan juga membangun kastil lain di pinggir Sungai Vltava. Kastil itu yang kini berada di seberang Kastil Hradcany dikenal dengan nama Kastil Vysehraj.

Sumber: My First Cartoonal Encyclope Bee