Daftar Isi..

Bunga Kelelawar Si Iblis Kematian

 
Bersayap Hitam
Ga heran kalau bunga ini disebut bunga kelelawar. Bunga ini berwarna hitam dan punya kelopak besar berwarna hitam juga. Sebenarnya, kelopaknya yang besar itu bukan daun, bukan juga bunga. Itu adalah organ tumbuhan yang bentuknya mirip daun. Organ seperti itu biasanya terdapat pada bunga-bunga yang tumbuh berkelompok atau infloresens. Organ itu berguna menarik perhatian hewan yang membantu penyerbukan.

Mata Iblis
Masyarakat tertentu juga menyebut bunga kelelawar sebagai bunga iblis. Itu karena sepasang matanya. Sebenarnya, itu bukan mata sungguhan. Sepasang mata itu adalah bunga dari bunga kelelawar. Lihat deh difotonya. Konon, sepasang mata itu seakan melihat dan mengikuti orang yang berada didekatnya. Menurut kepercayaan, mata itu pertanda kematian bagi orang yang melihatnya. (masa sih?)

Kumis Kucing
Selain karena matanya, bunga kelelawar juga disebut bunga iblis karena punya kumis kucing. Bukan kumis kucing betulan, itu tuh tangkai sari-tangkai sarinya yang menjulur panjang. Panjangnya antara 30 cm-70 cm. Orang bilang tangkai sari itu mirip ekor iblis.

Ada di Bengkulu
Bunga kelelawar hidup di hutan tropis yang teduh, lembap, dan tidak panas. Bunga ini ditemukan di Asia, Afrika, dan Australia. Di Asia tumbuh dibeberapa wilayah China, yaitu Yunnan, Guangxi, dan Hainan.  Bunga kelelawar yang tingginya 50 cm-100cm ini juga hidup di Asia Tenggara. Misalnya di Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia, salah satunya ditemukan di Rejang Lebong, Bengkulu.